Kamis, 18 April 2013

PENGERTIAN DAN KEGUNAAN AKUNTANSI



1.     Pengertian Akuntansi

Istilah akuntansi yang merupakan terjemahan accountancy, mempunyai pengertian yang menurut ahli yang satu dengan yang lain tidak sama. Walaupun demikian pada prinsipnya mempunyai pengertian yang sejenis.

Menurut AICPA (American Institute Certified Public Accountans) Akuntansi adalah seni dari pencatatan, penggolongan, dan peringkasan dengan suatu cara tertentu dan dalam nilai uang terhadap kejadian atau transaksi yang paling sedikit atau sebagaan bersifat keuangan dan penafsiran terhadap hasil-hasilnya.

Menurut AAA (American Accounting Association) Akuntansi adalanh proses pengidentifikasian, penggukuran dan pelaporan informasi ekonomi , untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi pihak pemakai informasi.


2.    Kegunaan  Akuntansi

Tujuan utama akuntansi adalah menyajikan informasi ekonomi dari suatu lembaga/ badan usaha kepada pihak yang berkepentingan, baik di dalam perusahaan itu sendiri maupun pihak-pihak di luar perusahaan. Laporan keuangan yang bersifat kuantitatif yang berupa angka-angka satuan uang yang di tuangkan dalam bentuk laporan keuangan, yang berguna untuk :

a.    Perencanaan

Melalui informasi  ekonomi yang tepat, maka memenejem perusahaan dapat menyusun rencana, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

b.    Pengendalian

Melalui informasi ekonomi yang akurat, maka manajemen perusahaan dapat mengontrol , menilai terhadap jalannya perusahaan.

c.    Pertanggung jawaban

Walaupun laporan keuangan bersifat kuantitatif, tetapi juga dapat dipergunakan untuk menelusuri data kulaitatif, sehingga dapat digunakan untuk bahan pertanggungjawaban manajemen, yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan pada masa-masa yang akan datang.